Your Ads Here

PKPJ - Memasang Perangkat Jaringan ke Dalam Sistem Jaringan

Memasang perangkat jaringan merupakan langkah penting dalam membangun dan memelihara jaringan komputer. Baik itu di rumah, kantor, atau tempat publik, pemasangan perangkat jaringan yang tepat dan sesuai akan memastikan kelancaran dan keamanan data dalam jaringan.

Langkah-langkah Umum Memasang Perangkat Jaringan

Perencanaan dan Persiapan

Jaringan Komputer

Dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung atau terkoneksi antara satu dengan yang lain dan digunakan untuk berbagai sumber data.

Setiap titik akhir dalam suatu jaringan memiliki tanda pengenal, yang biasa disebut dengan alamat IP atau alamat media access control.

Tentukan jenis dan jumlah perangkat jaringan yang dibutuhkan: Router, switch, access point, firewall dan lain sebagainya.

1. Router



Router adalah perangkat yang memungkinkan beberapa perangkat bisa terhubung ke internet, alat yang berfungsi untuk menghubungkan 2 jaringan dengan segmen yang berbeda. Sebuah perangkat yang memiliki tugas utama untuk mengirimkan paket data dari jaringan internet menuju perangkat lain. Proses pengiriman paket data ini juga sering disebut sebagai routing.

2. Switch

Perangkat dalam jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat, seperti komputer, server, printer, atau perangkat jaringan lainnya, dalam suatu jaringan lokal (Local Area Network atau LAN).

3. Access Point

Perangkat keras jaringan yang digunakan untuk menyediakan akses nirkabel ke jaringan kabel dalam suatu jaringan lokal (Local Area Network atau LAN).

4. Firewall



Firewall memiliki fungsi utama untuk memberikan lapisan perlindungan pada data yang ada di sebuah perangkat, sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman.

Beberapa merk perangkat hardware firewall terbaik
1. Bitdefender Box ( Bitdefender Total Security )
2. Cisco Firepower ( Cisco )
3. Cujo Ai Smart Internet Security Firewall ( Cujo Ai )
4. Fortinet Fortigate® 6000f Series ( Fortinet )
5. Netgear Prosafe ( Netgear )
6. Palo Alto Networks Pa-7000 Series ( Palo )
7. Netgate Pfsense Security Gateway Appliances ( Netgate )
8. Sonicwall Network Security Firewalls ( Sonicwall )
9. Sophos Xg Firewall ( Sophos )
10. Watchguard Firebox ( Watchguard )

5. Kabel jaringan
Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan, kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar bisa saling bertukar informasi/ data atau terhubung dengan internet.

Ada 3 jenis kabel yang di gunakan pada jaringan :
 1. Kabel Coaxial dan konektor BNC




2. Kabel STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair) dan Konektor RJ45




3. Kabel Fiber Optic dan Konektor SC



6. Server

Berfungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan informasi, serta mengelola jaringan komputer.

7. NIC (Network Interface Card)


NIC dapat disebut juga dengan LAN Card Expansion Board yang digunakan supaya komputer dapat terhubung dengan jaringan

8. Modem


Modem merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat komputer, dengan penyedia layanan internet atau disebut juga dengan Internet Service Provider (ISP).

Buatlah topologi jaringan: Gambarkan bagaimana perangkat-perangkat jaringan akan terhubung satu sama lain.

Jenis - jenis jaringan komputer

1. PAN (Personal Area Network)

Mencakup wilayah yang lebih kecil, misalnya sajapada kantor, dan rumah. Biasanya, banyak digunakan hanya untuk keperluan internet serta printer.

2. LAN (Local Area Network)

Jaringan komputer yang menghubungkan perangkat-perangkat di area geografis yang terbatas, seperti dalam satu gedung, rumah, atau kantor. Perangkat-perangkat yang terhubung dalam LAN dapat saling berbagi sumber daya dan informasi, seperti file, printer, dan koneksi internet.

3. MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan komputer yang menghubungkan beberapa lokasi di dalam satu wilayah metropolitan, seperti kota besar atau area perkotaan. Jangkauannya lebih luas dari Jaringan Area Lokal (LAN), yang biasanya hanya mencakup satu gedung atau kampus, dan lebih kecil dari Jaringan Area Luas (WAN).

4.WAN (Wide Area Network)

Jaringan komputer yang menghubungkan perangkat, kantor, pusat data, aplikasi cloud, dan penyimpanan cloud di area geografis yang luas, seperti antar kota, negara, bahkan benua.

Topologi jaringan komputer

Metode atau cara yang digunakan agar bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Struktur atau jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya bisa dengan menggunakan kabel atau pun nirkabel (tanpa kabel).

Secara sederhana, topologi jaringan bisa dibayangkan seperti denah tata letak rumah. Denah menunjukkan bagaimana ruangan-ruangan (perangkat) terhubung satu sama lain (koneksi).

Jenis-jenis topologi jaringan:

Topologi Bus


Perangkat-perangkat terhubung ke kabel pusat tunggal, seperti bus kota. Kelebihannya sederhana dan murah, namun kekurangannya rentan terhadap gangguan dan jika kabel pusat rusak, seluruh jaringan akan mati.

Topologi Ring


Perangkat-perangkat terhubung dalam sebuah cincin, di mana data mengalir searah. Kelebihannya handal dan mudah dikelola, namun kekurangannya sulit untuk ditambahkan perangkat baru.

Topologi Star

Perangkat-perangkat terhubung ke perangkat pusat (hub atau switch), seperti bintang. Kelebihannya mudah diinstal dan dikelola, serta jika satu perangkat rusak tidak mempengaruhi perangkat lain. Kekurangannya hub atau switch bisa menjadi titik kegagalan.

Topologi Mesh

Perangkat-perangkat terhubung satu sama lain secara langsung, membentuk jaringan seperti jaring laba-laba. Kelebihannya sangat handal dan skalabel, namun kekurangannya kompleks dan mahal.

Topologi Tree


Perangkat-perangkat terhubung secara hierarki, seperti pohon. Kelebihannya mudah dikelola dan terstruktur, namun kekurangannya kurang fleksibel dan jika perangkat di atas rusak, perangkat di bawahnya tidak dapat berkomunikasi.

Siapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan: Perangkat jaringan, kabel, alat bantu seperti obeng dan crimping tool, dan dokumentasi perangkat.

Untuk membuat sebuah jarinag diperlukan peralatan jaringan antara lain :

1. Crimping Tool


Berfungsi untuk memotong kabel serta memasang konektor RJ45 dengan kabel.

2. Wire Stripper


Sebuah alat tangan yang dirancang untuk memudahkan kita dalam mengupas ataupun memotong kabel.

3. Tang potong

Sebagai alat pemotong kabel berbahan tembaga, besi, aluminium, maupun baja.

4. Lan tester


Digunakan untuk mengetes atau menguji kabel UTP yang telah terpasang apakan telah bekerja secara normal dan lancar atau belum.

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain melalui transmisi data atau sarana komunikasi untuk berbagi aplikasi, data atau perangkat keras komputer.

Istilah jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung.

Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar data atau informasi yang dibawa oleh pengirim (sender) sampai ke penerima (receiver) secara tepat, cepat dan akurat.

Jenis jenis jaringan komputer berdasarkan distribusi sumber data/informasi

1. Jaringan Terpusat

Jenis jaringan komputer yang terdiri dari satu komputer induk dan satu atau lebih komputer terminal. Komputer induk berfungsi sebagai sumber data yang dibutuhkan oleh komputer terminal/client.

2. Jaringan Terdistribusi

Merupakan jenis jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer induk. Berbeda dengan jaringan terpusat, pada jaringan terdistibusi, semua host yang terhubung pada jaringan ini bisa berperan sebagai komputer induk sebagaimana peran komputer induk dalam jaringan terpusat.

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data

1. Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server dan beberapa komputer yang berperan sebagai client. Umumnya yang bertindak sebagai server hanya satu komputer dan komputer yang lainnya berperan sebagai client.

Komputer server berperan sebagai penyedia sumber daya atau data, sedangkan komputer client menggunakan sumber daya atau data yang disediakan oleh komputer server tersebut.

2.  Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan ini jenis ini, masing-masing komputer, baik komputer client maupun komputer server mempunyai peran dan kedudukan yang sama. Dengan kata lain, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya, komputer client pun dapat menjadi komputer server.

Cara memasang perangkat jaringan Peer To Peer

1. Siapkan kabel UTP straight/crossover


2. Siapkan 2 buah PC /laptop


3. Hubungkan 2 buah PC/laptop dengan Kabel UTP straight/crossover



4. Pastikan indikator lampu Lan Card Menyala


5. Masukan alamat IP lewat network and internet


6. Klik kanan "properties"



7. Arahkan ke TCP IP4 klik "Properties"


8. Isi alamat PC/Laptop 1 dengan IP 192.168.1.1 netmask 255.255.255.0


9. Isi alamat PC/Laptop 2 dengan IP 192.168.1.2 netmask 255.255.255.0


10. Ping menggunakan CMD dengan perintah "ping 192.168.1.2" dari PC 1 ke PC 2


Hasil akhir PING dari PC 1 Ke PC 2 yaitu"Reply from 192.168.1.2" menandakan pemasangan jaringan dan konektivitas jaringan sudah berhasil dilakukan.

Pengujian dan Pemecahan Masalah:

  • Test koneksi antar perangkat: Pastikan semua perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain.
  • Test koneksi internet: Pastikan perangkat dapat terhubung ke internet.
  • Atasi masalah konektivitas: Lakukan troubleshooting jika ada masalah dengan koneksi.

Tips Tambahan:

  • Baca panduan pengguna perangkat jaringan dengan seksama.
  • Gunakan alat bantu yang tepat untuk pemasangan kabel.
  • Catat semua konfigurasi yang dilakukan untuk referensi di masa depan.
  • Jika ragu, hubungi teknisi jaringan yang profesional.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PKPJ - Memasang Perangkat Jaringan ke Dalam Sistem Jaringan"

Posting Komentar